Iklan
Komersial Produk Minuman
“Daizy Tea”
LAPORAN IKLAN
Disusun oleh :
Dandy Rizky
Wahyu Pratama
Nama siswa :
Dandy Rizky Wahyu Pratama
No. Absen :
12
Judul Proyek :
Iklan Komersial Produk Minuman
“Daizy
Tea”
PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK NEGERI 1 DRIYOREJO
Alamat : Jl. Mirah Delima KBD – Driyorejo, Gresik
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
KATA PENGANTAR
Puji serta syukur kami panjatkan ke hadirat Allah
SWT atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan laporan dengan judul “Daizy Tea”.
Laporan ini disusun guna memenuhi tugas
dari pembimbing Multimedia sekolah tempat saya sekolah.
Laporan project work ini dapat dibuat dan diselesaikan
dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis, oleh karena
itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Drs. Suyono, MM. selaku Kepala Sekolah SMK
Negeri 1 Driyorejo serta segenap jajarannya yang telah memberikan
kemudahan – kemudahan baik berupa moril maupun materil selama mengikuti
pendidikan di SMK Negeri 1 Driyorejo.
2. Poendik
Soegiyanto, ST. selaku Guru Pembimbing Multimedia
yang telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan,
pengarahan, dorongan dalam penyusunan laporan tugas ini.
3. Teman
– Teman semua di Kelas Multimedia SMK Negeri 1 Driyorejo
4. Semua
Pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan
dalam penyusunan laporan tugas ini.
Akhirnya Penyusun berharap semoga Allah SWT memberikan imbalan yang
setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua
bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Ya Robbal Alamiin.
Gresik, 26 Oktober 2016
(Dandy Rizky Wahyu Pratama)
DAFTAR ISI
Nama
Produk………………………………………… i
Kata Pengantar………………………………………. ii
Daftar
Isi…………………………………………….. iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang……………………… 4
BAB II
TENTANG PRODUK
2.1 Gambaran Produk/Jasa……………...
5
2.1.1 Keunggulan………………...
5
2.1.2 Kegunaan…………………...
5
2.2 Sasaran Pasar/Pengguna…………….
5
BAB III
PROSES PRODUKSI
3.1 Waktu dan Tempat
Pelaksanaan…… 6
3.2 Alat dan Bahan……………………... 6
3.3 Ide cerita……………………………. 7
3.4 Hasil yang Dicapai…………………. 7
BAB IV HASIL
TEMUAN
4.1 Keterlaksanaan…………………….. 8
4.2 Manfaat…………………………….. 8
4.3 Pengembangan……………………... 9
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan dan Saran…………….... 10
5.1.1
Kesimpulan............................... 10
5.1.2
Saran......................................... 10
BAB VI
PENUTUP
6.1 Penutup……………………………. 11
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pada saat
ini banyak minuman dingin yang mengandung pengawet & gula buatan. Kami
membuat produk ini agar masyarakat dapat menikmati minuman sehat & membuat produk minuman baru yang
mampu menarik minat pembeli. Maka penulis membuat Iklan Komersial Produk minuman dengan
produk minuman yang
berjudul “Daizy Tea” yang
terdapat di daerah sekitar kami. Dengan adanya iklan ini kami berharap bisa
memperkenalkan produk ini di masyarakat dan dapat membuat para penyimak
mengetahui keunggulan yang terdapat pada produk kami ini.
1.2 TUJUAN
Tujuan penulis membuat iklan ini yaitu :
1.
Memperkenalkan minuman dingin & sehat tanpa pengawet.
2. Mendorong
calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk minuman ini .
3. Sebagai
salah satu syarat tugas dalam program
keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Driyorejo.
BAB II
TENTANG PRODUK
2.1
Gambaran Produk
Iklan Komersial Makanan yang berjudul “Daizy Tea” iklan ini
berdurasi kurang lebih 40 detik.
Merupakan iklan yang mengandung unsur memperkenalkan produk minuman kepada
masyarakat agar lebih mengenal keunggulan dari minuman ini, Untuk generasi penerus agar lebih
mencintai produk-produk dalam negeri.
2.1.1 Keunggulan
Iklan
Komersial Minuman ini dikemas
secara sederhana tanpa mengubah nilai dan makna yang terkandung di dalamnya
agar mudah dimengerti oleh penonton dan kalangan masyarakat muda maupun tua.
2.1.2 Kegunaan
Kegunaan yang pertama adalah sebagai bahan edukasi
untuk masyarakat agar mulai mencintai dan mengenal keunggulan minuman “Daizy Tea“ ini atau pun lebih mencintai produk dalam negeri..
2.2
Sasaran Pasar / Pengguna
Adapun sasaran pasar/pengguna dari Iklan Komersial Makanan ini adalah semua umur dari anak-
anak hingga orang dewasa untuk turut mengenal keunggulan dari ” Daizy Tea “.
BAB III
PROSES PRODUKSI
3.1
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a. Waktu pelaksanaan
Rincian
waktu pelaksanaan tercantum dalam table berikut :
Persiapan ide cerita :
26 - Oktober – 2016
Penyusunan script :
2 – November – 2016
Shooting :
9 – November – 2016
Editing :
9 – November
– 2016
Finishing :
16 – November
– 2016
b. Tempat Pelaksanaan
Tempat
dimana penulis berproduksi adalah:
lingkungan dan Lab. multimedia SMK N 1 Driyorejo,
sebagai tempat dimulainya pencarian ide, merancang script, editing hingga
finishing.
3.2
Alat dan Bahan
Adapun alat yang digunakan dalam proses produksi diantaranya :
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Pemilik
|
1
|
Camera
DSLR
|
Canon 700D
|
1
|
Sekolah
|
2
|
Tripod
|
Standar
|
1
|
Sekolah
|
3
|
Komputer
|
Intel Core i3
|
1
|
Sekolah
|
Sedangkan bahan yang digunakan diantaranya :
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Memory
|
Sandisk
|
Buah
|
1
|
2
|
Kertas stiker
|
A4
|
Pack
|
1
|
3
|
Cutter +
Penggaris
|
-
|
Buah
|
1
|
4
|
Kertas HVS
|
70 GSM
|
Pack
|
1
|
3.3 Ide cerita
Pada siang
hari yang panas, ada lelaki yang sedang duduk di kursi pada kelas dan dia
kehausan. Namun, dia tidak membawa minum dan kemudian ia melihat pada bangku
guru ada minuman teh yang diwadahi oleh botol. Kemudian ia langsung menuju ke
bangku guru dan meminum teh tersebut. Lalu, ia langsung segar kembali…
3.4
Hasil yang Dicapai
Penulis
berhasil menyelesaikan sebuah Iklan Komersial Minuman bertemakan produk minuman yang diberi
judul “Daizy Tea” . Iklan
tersebut telah dikemas dalam sebuah video yang menarik.
BAB IV
HASIL TEMUAN
4.1
Keterlaksanaan
A. Faktor Pendukung
Adapun faktor pendukung dalam keterlaksanaan produksi
iklan ini sejatinya tidak lain adalah dari pembimbing multimedia, guru
pembimbing dan juga teman-teman yang bersedia memberikan saran, kritik dan
solusi. Mereka telah banyak membantu dalam proses produksi dan juga editing.
Kerjasama dari teman-teman telah menjadi faktor utama yang mendorong kinerja
penulis dalam kegiatan awal hingga akhir. Selain itu ada beberapa faktor
pendukung lainnya yang menunjang kinerja penulis :
1. Fasilitas Wifi SMKN 1 Driyorejo yang banyak membantu
meringankan biaya untuk mendapatkan tutorial, referensi dan soundtrack.
2. Komputer Lab Multimedia yang penulis gunakan dalam
proses editing karena memiliki spesifikasi yang cukup memadai.
3. Dan alat-alat pendukung seperti : kamera, tripod,
microphone, komputer, dan lain-lainnya. Dengan pinjaman tersebut penulis dapat
menyelesaikan tugas ini.
B. Faktor Penghambat
Beberapa
faktor berikut adalah hal yang telah banyak menyita waktu sehingga banyak waktu
yang terbuang, berikut adalah faktor penghambat dalam proses produksi Iklan
Komersial Makanan kali ini :
1. Sulitnya mencari talent yang sesuai dengan karakter
pada pemeran.
2. Pengambilan gambar dengan talent anak-anak remaja
penulis agak kesusahan dalam mencari mood mereka yang tidak labil. Kadang suatu
ketika mereka malas dan lebih suka memainkan handphone, sehingga penulis harus
membujuk agar pengambilan gambar dapat berlanjut.
4.2
Manfaat
Dalam
kegiatan kali ini beberapa manfaat yang bisa diambil diantaranya :
1. Dapat memperdalam penggunaan software yang dipelajari
dari kelas 10 sampai kelas 12, hingga dapat menyelesaikan Iklan Komersial Minuman tersebut.
2. Memacu penulis untuk berkarya dan berkarya lagi dalam
memproduksi sebuah tontonan yang berkualitas dan bermafaat bagi penonton.
3. Penulis tersadar disiplin dan menejemen waktu yang
baik adalah faktor paling penting untuk mencapai hasil yang memuaskan dan tepat
batas waktu deadline.
4. Kerjasama antar siswa yang semakin terpupuk dengan
baik dan dari situlah muncul semangat seperjuangan untuk mencapai hasil yang
maksimal.
4.3
Pengembangan
Walaupun dalam melaksanakan tugas
Iklan Komersial Makanan ini sedikit menguras otak, membuat
penulis tersadar bahwa tidak mudah memproduksi suatu iklan yang berkualitas.
Ditambah dengan beberapa halangan dan waktu yang relatif singkat membuat penulis
harus ekstra bekerja keras memikirkan setiap tahap produksi Iklan Komersial Minuman ini.
Untuk selanjutnya tentu penulis akan lebih melatih dan
mendalami kemampuan dalam proses editing, penyuntingan gambar maupun video agar
menunjang kemampuan penulis setelah menyelesaikan program study di SMKN 1
Driyorejo.
Belajar me-manajemen waktu
dan sikap baik serta disiplin yang tinggi menjadi faktor penting untuk menjadi
lulusan yang handal dan jika lulus dari dunia pendidikan. Pada intinya penulis
dituntut untuk belajar dan berkarya dan tidak boleh berpuas diri dengan
kemampuan yang penulis miliki saat ini.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan dan Saran
5.1.1 Kesimpulan
Untuk membuat karya dan
menyelesaikan sebuah pekerjaan tepat waktunya, kita harus memiliki loyalitas
dan mampu menjaga emosi, semangat dan kondisi tubuh agar tetap terfokus kepada
pekerjaan. Faktor penghambat sudah seharusnya kita hadapi secara bijak. Untuk
meraih hasil yang baik tentunya kita harus mengeluarkan banyak kemampuan dan
ide segar. Segala sesuatunya membutuhkan banyak referensi. Dan yang penting
adalah kedisiplinan serta manajemen waktu yang baik.
Skill dan kemampuan selama menuntut ilmu 3 tahun terakhir benar-benar diujikan
di ujian akhir guna mengukur sejauh mana kemampuan dan seberapa menguasaikah
kita dibidang yang telah dipelajari selama ini.
Seperti yang penulis alami pada proses pembelajaran kali ini, untuk
menyelesaikan Iklan Komersial Minuman. Walaupun dengan kemampuan penulis
yang sangat minim tapi berkat tekad dan usaha kerja keras penulis bisa mengerjakannya
walaupun dengan hasil yang maksimal. Tapi semua itu saya tanamkan sebagai
proses belajar yang dikemudian hari harus lebih baik dari sebelumnya.
5.1.2 Saran
Tahun selanjutnya diharapkan para siswa lebih baik
lagi dalam menyelesaikan tugas akhir ini. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin
dan jangan pernah menunda nunda pekerjaan karena itu hanya menambah beban yang
ada di pikiran.
BAB VI
PENUTUP
6.1
Penutup
Demikian laporan iklan ini dibuat, semoga Bapak/Ibu guru pembimbing menyetujui
dan puas dengan apa yang tercantum di dalam laporan tugas ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam
pembuatan laporan iklan ini. Baik
yang di sengaja maupun yang tidak disengaja. Akhir kata saya Ucapkan Terima
kasih.
=========================================================
IKLAN "Daizy Tea" :
FOTO PRODUK :
DESAIN KEMASAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar